Rabu, 31 Oktober 2018

Pengertian dan Fungsi VGA

Saat memutar sebuah video ataupun bermain game berat pada komputer  anda, ada sebuah komponen yang berfungsi mengatur kualitas gambar yang muncul pada komputer anda. Komponen itu biasa disebut VGA (video graphic accelerator)  berfungsi mengubah sinyal digital yang ada pada komputer menjadi tampilan grafik yang ditampilkan pada monitor komputer.

Pengertian VGA
Merupakan komponen pendukung yang ada pada komputer yang berfungsi mengolah tampilan grafik pada monitor komputer. 
VGA atau video graphic accelerator berguna untuk menerjemahkan semua sinyal digital pada komputer untk kemudian nantinya akan ditampilkan di layar monitor.

Awalnya istilah VGA digunakan pada layar monitor yang mempunyai resolusi 640 x 480, namun juga sering digunakan pada konektor VGA yang mempunyai 15 pin yang masih digunakan untuk menerjemahkan sinyal digital dan menampilkannya pada layar monitor.
Pada sebuah VGA juga terdapat sebuah processor yang disebut GPU atau graphic processing unit dan sebuah memori.
Pada tahun 1987, salah satu perusahaan komputer yaitu IBM memasarkan VGA untuk pertama kalinya dan VGA ini dijadikan standar tampilan pada komputer analog, walaupun standar VGA itu tidak digunakan lagi pada saat ini, namun implementasinya masih digunakan pada pocket PC.
Untuk mereka yang menggunakan komputer dengan tujuan desain grafis dan bermain video game resolusi tinggi, maka membutuhkan sebuah VGA yang mampu mengimbangi itu.


Fungsi VGA


Fungsi VGA Card adalah untuk menghasilkan dan menampilkan gambar ke display pada monitor. Saat ini semua motherboard memiliki kartu VGA built-in. Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena biasanya sudah dibenamkan langsung di motherboard (VGA card onboard), sehingga pengguna komputer hanya menggunakan komputernya untuk aktifitas multitasking seperti microsoft office, atau browsing. Untuk itu, tidak perlu lagi menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi.
Jika gagal Anda harus menambahkan satu kartu VGA di motherboard Anda. Beberapa prosesor mendukung tampilan onboard dan ada juga yang tidak mendukung. Fungsi lain dari VGA adalah sebagai berikut:
  • Menerjemahkan output komputer ke monitor
  • Mengubah sinyal digital di komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor
  • Menyimpan data dari hardisk
  • Menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses
  • Menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game
  • Membuat gambar dengan kualitas yang bagus atau unggul
  • Memproses semua grafis yang akan ditampilkan pada monitor
Terkadang banyak kesalahpahaman yang terjadi, Anda harus tahu bahwa prosesor dan ram tidak banyak mempengaruhi performa sebuah game. Beberapa motherboard memiliki display onboard dan beberapa tidak memiliki. Terlepas dari ini, jika seseorang ingin memiliki tampilan yang lebih baik dari yang sudah terpasang, mereka bisa mencari VGA yang lebih baik. Bagi para penggemar gamer, kartu video berkualitas tinggi mungkin merupakan bagian terpenting dari sistem komputer – ini adalah suatu keharusan untuk merender grafis 3D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merawat komputer agar lebih awet

perawatan komputer sangatlah penting untuk membuat komputer anda bisa menjalankan fungsi sesuai dengan spesifikasinya agar dapat ...