Jumat, 09 November 2018

Merawat komputer agar lebih awet


perawatan komputer sangatlah penting untuk membuat komputer anda bisa menjalankan fungsi sesuai dengan spesifikasinya agar dapat digunakan secara optimal. Pada kenyataannya perawatan sebuah komputer banyak dikesampingkan oleh para pengguna, padahal jika terjadi gangguan hingga berujung pada kerusakan maka bukan hanya aktivitas atau pekerjaan anda yang terhambat tetapi anda juga akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. 

simak hal-hal berikut yang musti harus anda lakukan secara rutin :

Lakukan Cleaning Pada Hardware

Bagi anda pengguna komputer dekstop hal ini kadang diabaikan, terkadang kita lupa atau abai melakukan pembersihan pada cashing dan perangkat hardware lain di dalamnya. Tanpa kita sadari saat kita membuka cashing komputer kita baru terlihat bagaimana kotornya isi cashing tersebut karena debu, dll. Nah, ini bisa memicu kerusakan pada hardware, misal, jika kipas prosesor komputer anda dipenuhi dengan debu maka kinerjanya juga tidak maksimal hingga bisa membuat prosesor anda panas dan berujung kepada kerusakan. Olehnya itu agendakan pembersihan rutin secara berkala. Tool yang anda pakai untuk membersihkan cukup dengan menggunakan kuas atau balon semprot.

Lakukan Perawatan Pada Sistem Operasi (OS).

Pengguna komputer di Indonesia kebanyakan menggunakan OS Windows besutan microsoft. Sebagaimana hardware, sistem operasi juga memerlukan perawatan agar bisa berjalan normal. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan pada perawatan sistem operasi anda :

Update Windows, bagi pengguna windows sebaiknya senantiasa rutin melakukan update baik manual maupun otomatis. Karena dengan update banyak penyempurnaan yang dibuat oleh microsoft untuk kehandalan sistem operasi anda (OS). kalau ingin update windows harus windows yang original karena kalau bukan original pasti akan di blacklist sama microsoft.

Update Antivirus, jika komputer menggunakan antivirus, rutinkan untuk melakukan update. Sebagaimana windows, antivirus juga harus diupdate untuk meningkatkan keefektifan antivirus tersebut. Antivirus juga selalu mengupdate database virus yang berkembang terus menerus. Sehingga mengupdate antivirus adalah penting. 

Scan Komputer dengan Antivirus, meskipun sudah terpasang antivirus, sebaiknya scan secara penuh dilakukan dengan rutin, untuk memastikan komputer bebas dari malware/virus.

Backup Rutin data penting, ketika komputer penuh dengan data-data penting seperti tugas, laporan, skripsi atau data lainnya, jangan lupa untuk melakukan backup. Paling mudah dengan melakukan kompresi semua data penting dengan program atau software kompresi semisal 7Zip, WInzip, Winrar dan sejenisnya.

Bersihkan file-file tidak terpakai, semakin lama, biasanya jumlah file di komputer semakin banyak dan sebagian mungkin tidak terpakai lagi. Rutinkan untuk memeriksa dan menghapus file yang tidak terpakai. Bisa juga menggunakan software semisal CCleaner, Glary Utilities, Advanced System Care dan lainnya (pastikan terlebih dahulu untuk untuk memeriksa pengaturan apa saja yang akan dihapus sebelum menggunakan software seperti itu).

Defragment Hardisk, ketika sudah terlalu lama, hardisk perlu rutin di defragment (tetapi jangan terlalu sering). Cek terlebih dahulu apakah hardisk perlu di defragment. Bisa menggunakan program bawaan windows (Menu Accessories > System Tools > Disk Defragmenter) atau menggunaka software pihak ketiga semisal Defraggler atau MyDefrag.

Periksa program yang berjalan dengan Sistem/Windows, untuk melakukan hal ini bisa menggunakan software semisal Autoruns atau System Explorer. Jika melihat ada aplikasi yang tidak penting berjalan dengan windows sebaiknya di non aktifkan saja agar performa komputer lebih baik.

Beberapa hal di atas bukan saja hanya untuk pengguna komputer dekstop, pengguna laptop-pun bisa mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan. Demikianlah cara merawat komputer anda semoga bisa bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merawat komputer agar lebih awet

perawatan komputer sangatlah penting untuk membuat komputer anda bisa menjalankan fungsi sesuai dengan spesifikasinya agar dapat ...